Kisah Selama 24 Jam Novanto Dalam Pelarian

Kisah Selama 24 Jam Novanto Dalam Pelarian

Jiromedia.com -Kamis, 16 November 2017, sore. Aktivitas penghuni dua rumah yang dijadikan satu di Jalan Gedung Pinang PU 10-11 itu terlihat menggeliat. Rumah itu adalah milik Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Setya Novanto.

Dinding rumah dua lantai itu bercat warna kuning dengan pagar besi warna hijau tua di depannya. Terdapat dua gerbang keluar dan masuk serta pos satpam.

Menurut Qori, istri Ketua RT 13, Novanto juga merupakan pemilik dua rumah yang berada di belakang rumah tersebut. Persisnya nomor PU 16-17 di Jalan Kartika Utama. Jadi Novanto punya empat rumah, yang berpunggungan. "Rumah Pak Novanto itu depan belakang. Hitungannya empat rumah," kata Qori kepada detikX.

Meski sudah sepuluh tahun punya rumah di Pondok Indah, Novanto jarang sekali terlihat. Novanto dan keluarganya juga tidak pernah sekali pun datang mengurus administrasi di RT atau RW, yang masuk wilayah Kelurahan Pondok Pinang, Kecamatan Kebayoran Lama, itu. Hanya sekali Novanto berkomunikasi dengan suami Qori, Tangkudung, lima tahun lalu. Itu pun saat ada protes warga karena rumahnya sering dijadikan lokasi syuting film.

“Jalanan jadi macet karena banyak mobil parkir. Lampu sorotnya juga kena ke rumah warga. Jadi warga banyak yang protes ke suami saya. Beberapa hari berselang, dia (Novanto) telepon dan minta maaf,” tutur Qori.

Adapun rumah Novanto PU 10-11 terlihat sibuk pada saat tersangka kasus dugaan korupsi e-KTP tersebut tengah dalam pencarian Komisi Pemberantasan Korupsi. Novanto dijemput seseorang dan ‘menghilang’ dari rumahnya di Jalan Wijaya, Jakarta Selatan, beberapa saat sebelum penyidik KPK datang untuk membawa Ketua Umum Partai Golkar itu secara paksa pada Rabu, 15 November malam.

Rumah Novanto di Pondok Indah seperti luput dari perhatian. Setidaknya ada empat mobil mewah berwarna hitam yang saat itu terparkir di garasi rumah PU 10 dan 11 hari itu. Mobil-mobil tersebut adalah dua unit Land Rover bernopol B-2167-SBJ dan B-1167-RFQ, Toyota Harrier bernopol B-1526-UJK, serta Toyota Alphard.

Namun apakah Novanto sempat singgah ke rumah yang kabarnya dilengkapi dengan bunker tersebut, tidak diperoleh kepastian. Menjelang petang, dua polisi dari Sabhara Polsek Kebayoran Lama keluar dari dalam rumah tersebut. Ditanya apakah Novanto berada di dalam rumahnya, keduanya menggelengkan kepala.

Tak lama berselang, aktivitas di rumah itu mengundang rasa penasaran. Apalagi tersiar berita bahwa Novanto akhirnya memutuskan akan datang ke gedung KPK untuk memenuhi panggilan pemeriksaan sebagai tersangka. Seorang pria berpakaian serbahitam mengganti pelat nomor mobil Land Rover B-1167-RFQ menjadi B-1-DPR.

Mobil-mobil sudah dihidupkan mesinnya. Namun entah mengapa aktivitas di area garasi langsung itu langsung redup. Mobil-mobil kembali dimatikan. Beberapa saat kemudian, tersiar kabar Novanto dirujuk ke RS Medika Permata Hijau setelah mengalami kecelakaan di Jalan Permata Berlian, Kebayoran Lama.

Mobil yang ditumpangi Novanto, Toyota Fortuner bernopol B-1732-ZLO, menabrak pohon dan tiang lampu yang ada di pinggir jalan. Mobil itu dikemudikan oleh kontributor Metro TV, Hilman Mattauch. Menurut polisi, Hilman hendak membawa Novanto dari gedung DPR di Senayan ke kantor Metro TV di Kedoya, Jakarta Barat, untuk wawancara live mengenai sikap Novanto terkait langkah KPK.

Mobil-mobil yang semula sudah bersiap meluncur dari rumah Novanto di Pondok Indah PU 10-11.

Mobil Novanto rusak di bagian depan dan kaca samping. Sedangkan Novanto, disebut pengacaranya, Fredrich Yunadi, mengalami luka benjol di bagian kepala dan dirujuk ke Rumah Sakit Medika Permata Hijau sebelum kemudian dipindah ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo.

Keberadaan Novanto di DPR tentu mengejutkan. Sebelumnya, Fredrich saat di RS Permata Hijau mengatakan Novanto datang dari luar kota. Novanto sedang melakukan tugasnya tanpa menyebut secara detail. “Jangan omong ‘sembunyi’-lah karena beliau itu sedang tugas,” kata dia.

Anehnya, pimpinan DPR mengaku tidak tahu-menahu bahwa Novanto menyambangi gedung DPR. Wakil Ketua DPR Agus Hermanto, yang seharian berada di Senayan, tidak bertemu dengan Novanto di DPR. “Kami sama sekali tidak mengetahui,” ujar politikus Partai Demokrat itu.

Demikian juga Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah. Fahri, yang mengklaim sempat berkomunikasi dengan Novanto pada Rabu dan menyatakan Novanto di Jakarta, menolak memberikan komentar. “Anda kan dapat info (Novanto di DPR). Saya ikut saja,” katanya kepada detikX.

Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal DPR Damayanti tidak melihat Novanto di lantai 3 gedung Nusantara, kantor Novanto. Tidak ada pintu rahasia pula menuju ruangan Novanto. Namun ia mengakui akses ke ruangan itu lebih dari satu. Salah satunya melalui gedung Dewan Perwakilan Daerah. “Ya (kalau lewat DPD pasti beliau harus turun ke lantai dasar biasanya,” katanya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh detikX, Novanto sempat mendatangi gedung DPR pada Kamis pagi. Selanjutnya, ia juga terpantau meluncur ke sebuah hotel di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, pada siang harinya. Di hotel tersebut, kabarnya Novanto dijaga oleh beberapa orang. Sorenya, ia sudah dijemput Hilman di DPR.

Sayang, hingga kini KPK juga belum menjelaskan usaha pelacakan terhadap Novanto selama dalam pelariannya, termasuk di mana saja keberadaan Novanto dalam 24 jam itu. Juru bicara KPK Febri Diansyah hanya mengatakan, selain mencari, KPK mengeluarkan imbauan kepada Novanto agar menyerahkan diri.

Kemudian penyidik memperoleh informasi tentang kecelakaan yang dialami Novanto. Penyidik pun meluncur ke TKP. Jumat keesokan harinya, Novanto dipindahkan ke RSCM dan KPK menyerahkan surat penahanan selama 20 hari serta pembantaran. “Namun tidak ditandatangani oleh pihak SN,” kata Febri.[dtk]

Admin

Please Share 😊


Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Google Plus
Facebook
Twitter
Tumblr
Reddit
Pinterest
Linkedin
Getpocket
Wordpress
close