Jokowi: Rakyat Harus Kerja Keras

Jokowi: Rakyat Harus Kerja Keras

Jiromedia.com -Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan Surat Keputusan (SK) Izin Pemanfaatan Hutan kepada sekitar seribu petani di Jawa Tengah. Dia meminta rakyat bekerja keras dan memanfaatkan hutan dengan baik.

"Saya hari ini datang ke Boyolali, ingin menyerahkan dan sudah kita lakukan Surat Keputusan Izin Pemanfaatan Hutan," kata Jokowi di lapangan Desa Wonoharjo, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (4/11/2017).

Ada seribuan petani dari sekitar wilayah Boyolali yang hadir dalam acara tersebut. Tiap keluarga mendapatkan sekitar 1 hektare lahan untuk dikelola selama 35 tahun.

Jokowi mengatakan memang belum semua petani mendapatkan SK Izin Pemanfaatan Hutan tersebut. Namun, dalam waktu dekat, dia berjanji semua petani akan memiliki surat itu.

"Akan kita selesaikan dalam waktu maksimal dua minggu rampung, nunggu koordinat. Nanti kalau sudah selesai, ini pegang semua," kata Jokowi.

Jokowi menekankan pentingnya memiliki SK Pemanfaatan Hutan tersebut. Sebab, surat itu merupakan bentuk legalitas petani untuk mengelola kawasan hutan negara.

"Ini adalah status hukumnya jelas. Sudah diberi izin pemanfaatan hutan selama 35 tahun? Kurang mboten? Nanti kita lihat di lapangan, apakah dimanfaatkan betul, ditanami jagung, kayu putih, dan lain-lain," katanya.

Dikatakan Jokowi, jika lahan yang sudah diamanahkan tidak dikelola dengan baik, pemerintah tak akan segan menarik izin pemanfaatan hutan tersebut.

Jokowi pun berjanji akan mengecek langsung nanti.

"Saya titip sekali lagi, kurang-lebih setahun lagi saya akan cek betul baik yang ada di Boyolali, Pemalang, dan tempat lain," katanya.

Dia pun meminta petani bekerja keras memanfaatkan lahan hutan itu dengan baik. Sebab, keuntungannya akan dirasakan sendiri oleh petani. Terlebih pihak bank, salah satunya BRI, akan membantu memudahkan pemberian pinjaman kepada petani untuk pemanfaatan hutan tersebut.

"Tapi harus kerja, rakyat harus kerja keras di situ, diawasi betul. Pihak bank berani beri pinjaman kan punya hitungan juga. Agar rakyat bisa merasakan. Percuma kita beri hak 45 tahun tapi tidak ada manfaat untuk keluarga kita, nggak ada artinya," katanya.

"Saya ingin ada efek untuk kesejahteraan masyarakat," tambah Jokowi.

Hadir dalam acara ini Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, dan Bupati Boyolali Seno Samodro. [ dtk]

Admin

Please Share 😊


Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Google Plus
Facebook
Twitter
Tumblr
Reddit
Pinterest
Linkedin
Getpocket
Wordpress
close