Jokowi Bantah Keluarkan Izin Reklamasi, Pengamat: Khawatir Jadi ‘Peluru’ di Pilpres 2019

Jokowi Bantah Keluarkan Izin Reklamasi, Pengamat: Khawatir Jadi ‘Peluru’ di Pilpres 2019

Jiromedia.com -Presiden Joko Widodo mengakui tidak pernah mengeluarkan Pergub reklamasi Teluk Jakarta saat menjabat sebagai Gubernur DKI. Jokowi juga tidak menerbitkan Perpres reklamasi setelah menjadi Presiden RI.
Pengamat politik Muslim Arbi menilai, pernyataan Jokowi tersebut telah mengingkari kebijakan reklamasi  yang ditandatangani Jokowi sendiri. Di mana saat menjadi Gubernur DKI, Jokowi mengeluarkan Pergub DKI Nomor 15 Tahun 2014.
“Sebaiknya Jokowi jangan berbohong. Pergub 15/ 2014 tentang Rencana Strategis Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil yang dikeluarkan Jokowi saat jadi Gubernur DKI itu izin reklamasi," tegas Muslim Arbi kepada intelijen (02/11). 
Menurut Muslim, ‘pendukung reklamasi’ menjadikan Pergub yang ditandatangi Jokowi untuk dijadikan dasar hukum proyek di Teluk Jakarta itu dilanjutkan. "Kalau sekarang Jokowi mengelak tidak pernah mengeluarkan izin reklamasi, kenapa menandatangi Pergub itu?," tanya Muslim. 
Muslim menduga, Jokowi mengelak memberikan izin reklamasi karena khawatir akan menjadi “peluru” yang akan diarahkan ke Jokowi di Pilpres 2019. 
"Jokowi membantah di hadapan para pemimpin redaksi. Ini sinyal bagi media mainstream untuk meluruskan isu bahwa Jokowi tak pernah memberikan izin reklamasi. Media juga menutupi keterlibatan Jokowi dalam reklamasi," beber Muslim. 
Kata Muslim, di era digital, pernyataan Jokowi yang membantah tak memberi izin reklamasi bisa terbantahkan. "Bisa dicari datanya lewat mesin pencari, Google. Termasuk konfirmasi Sekda maupun pengembang saat Jokowi jadi Gubernur DKI Jakarta," pungkas Muslim. 
Presiden Jokowi mengatakan ketika menjadi gubernur tidak mengeluarkan pergub terkait reklamasi. Pun ketika menjadi presiden, ia tidak menerbitkan perpres. “Saya bisa saja mengeluarkan perpres. Tapi, di mana marwah hukum dan kepastian berinvestasi jika perpres terdahulu dibatalkan presiden berikutnya?” ucap Jokowi (30/10).[itd]

Admin

Please Share 😊


Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Google Plus
Facebook
Twitter
Tumblr
Reddit
Pinterest
Linkedin
Getpocket
Wordpress
close