Era Jokowi Banyak Proyek Infrastruktur Tapi Rakyat Nganggur

Era Jokowi Banyak Proyek Infrastruktur Tapi Rakyat Nganggur

Jiromedia.com -Pemerintah terus menumpuk banyak utang untuk membangun proyek-proyek infrastruktur. Namun sayangnya, dana utangan itu tak bisa menjadi katalis positif untuk menggenjot penerimaan.

Salah satu penyebabnya karena proyek infrastruktur yang dibangun itu tak mampu menyerap banyak tenaga kerja baru. Padahal masyarakat Indonesia banyak yang kekurangan pendapatan.

“Masalah di era Jokowi ini, banyak bangun proyek tapi tak bisa ciptakan lapangan kerja dalam jangka pendek. Karena faktanya dalam tiga tahun ini, proyek infrastruktur itu tidak menyerap banyak tenaga kerja,” tandas Direktur Eksekutif INDEF, Enny Sri Hartati, di Jakarta, Jumat (24/11).

Padahal jika itu terjadi, kata dia, maka di sana akan menambah pendapatan dan menjadi sumber konsumsi masyarakat. Dengan begitu akan berdampak secara langsung terhadap peningkatan daya beli. Dan ini akan tingkatkan produktivitas.

“Kalau sektor-sektor produksi bergerak itu artinya akan menambah sumber penerimaan pajak dan menjadi sumber penerimaan pemerintah. Ini yang tak terjadi selama tiga tahun berjalan di bawah era Jokowi,” kata dia.

Sehingga, dia menegaskan, kendati pemerintah menggenjot utang tapi tak mampu memberikan kontribusi untuk peningkatan pemerintah. Sehingga tata kelola keuangan pemerintah jadi bermasalah.

“Pemerintah terus investasi dan terus mengeluarkan anggaran, tapi pendapatan ke kas negara masih minim. Ini yg disebut jadi risiko fiskal dan membahayakan kesinambungan fiskal pemerintah,” ucap Enny.

Kondisi itu membuat keseimbangan primer terus defisit. Karena utang yang besar lebih banyak untuk bayar bunga dan pokok utang, bukan digunakan untuk hal yang produktif.

“Yang terjadi, defisit keseimbangan primer kita meningkat. Karena selama ini pendapatan yang didapat pemerintah jauh lebih kecil dari pengeluarannya yang terus besar,” pungkas dia.

Sumber: Aktual

Admin

Please Share 😊


Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Google Plus
Facebook
Twitter
Tumblr
Reddit
Pinterest
Linkedin
Getpocket
Wordpress
close