Massa Penolak Perppu Ormas Bersihkan Sampah Usai Aksi

Massa Penolak Perppu Ormas Bersihkan Sampah Usai Aksi

Jiromedia.com -Meski kecewa Perppu No 2 Tahun 2017 tentang Ormas disahkan DPR jadi undang-undang, massa yang berdemo di depan gedung MPR/DPR pulang dengan tertib. Mereka juga mengumpulkan sampah yang berserakan.

Pantauan detikcom di depan gedung MPR/DPR, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (24/10/2017) pukul 17.50 WIB, sebagian besar massa pergi meninggalkan lokasi. Sebagian lagi tetap di lokasi menunaikan salat magrib.
Top! Massa Penolak Perppu Ormas Bersihkan Sampah Usai AksiSebelum meninggalkan lokasi, massa salat magrib berjemaah di kompleks gedung DPR (Foto: Arief Ikhsanudin/detikcom)

Seusai salat, seluruh massa pun membubarkan diri dengan tertib. Namun, sebelum pulang, mereka kompak membersihkan lokasi demo dari sampah-sampah sisa aksi yang berserakan. 
Massa tolak Perppu Ormas membersihkan sampah usai aksiMassa tolak Perppu Ormas membersihkan sampah usai aksi Foto: Massa tolak Perppu Ormas membersihkan sampah usai aksi (Zunita-detikcom)

Massa memunguti berbagai sampah, seperti bekas botol air mineral, karton bekas alas duduk, kotak makanan, poster, dan spanduk. Mereka menumpuk sampah tersebut di sejumlah titik untuk diangkut.

"Nanti ada mobil bak yang angkut sampah ke sini," kata salah seorang anggota kebersihan, keamanan, dan logistik aksi, Sultan, saat diwawancarai detikcom di depan gedung MPR/DPR, Selasa (24/10/2017). 
Massa tolak Perppu Ormas membersihkan sampah usai aksi.Massa tolak Perppu Ormas membersihkan sampah usai aksi. Foto: Massa tolak Perppu Ormas membersihkan sampah usai aksi (Zunita-detikcom)

Salah seorang massa aksi bernama Rasa Rosmana mengaku senang-senang saja mengumpulkan sampah. Baginya, aksi ini memang sudah sepatutnya dilakukan.

"Saya cuma bantu-bantu saja. Islam kan cinta kebersihan. Kalau memikirkan masalah citra, nggak ada gunanya. Memang sudah kewajiban sebagai umat Islam. Hal seperti itu kan sudah melekat ke umat Islam. Alhamdulillah berkah," ujarnya.

Sejumlah pemulung juga terlihat di lokasi. Mereka kebagian rezeki dari massa yang berdemo dengan mengumpulkan kardus dan botol-botol air mineral. Terpantau pukul 18.30 WIB, ada truk sampah dari Dinas Kebersihan DKI Jakarta dan petugas yang mengangkut sampah-sampah ini.
Top! Massa Penolak Perppu Ormas Bersihkan Sampah Usai AksiFoto: Truk Dinas Kebersihan DKI Jakarta mengangkut sampah massa aksi demo tolak Perppu Ormas (Meilika-detikcom)

Sebelumnya, Ketua Presidium Alumni 212 Slamet Maarif memang mengimbau massa agar tertib membubarkan diri. Dia juga mengingatkan agar sampah dikumpulkan.

"Sampah yang ada bersihkan. Kita pastikan tidak ada sampah yang tertinggal di tempat ini," ujarnya kepada massa dari atas mobil komando.

Kapolda Metro Jaya Irjen Idham Azis sebelumnya juga bicara soal aksi massa ini. Dia mengapresiasi massa dan jajaran Polri dan TNI yang terlibat dalam pengamanan karena aksi berjalan tertib hingga usai. [dtk]

Admin

Please Share 😊


Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Google Plus
Facebook
Twitter
Tumblr
Reddit
Pinterest
Linkedin
Getpocket
Wordpress
close