KSPPI Bakal Gelar Demo Buruh Besar-besaran Pada Sabtu Besok

KSPPI Bakal Gelar Demo Buruh Besar-besaran Pada Sabtu Besok

Jiromedia.com -Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) akan menggelar unjuk rasa serentak di berbagai kota pada Sabtu (7/10) mendatang. Presiden KSPI, Said Iqbal pun mengklaim jika unjuk rasa yang digelar dalam menyambut Hari Layak Kerja Sedunia ini akan diadakan secara besar-besaran.

“KSPI akan menggelar aksi dengan puluhan ribu buruh pada 7 Oktober, di beberapa kota di Jabodetabek yang akan terkonsentrasi di Istana Negara, dan beberapa kota lainnya seperti Bandung, Serang, Medan, Batam, Surabaya, Semarang, Gorontalo, Samarinda, Aceh, dan lainnya,” ungkap Said di Jakarta, Kamis (5/10).
Menurut Said, terdapat dua isu utama yang menjadi aspirasi utama dalam unjuk rasa ini, yaitu mengenai Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan upah murah.
Ada dua isu utama yang akan disuarakan oleh aksi yang diperkirakan akan dilakukan oleh puluhan ribu buruh ini. Pertama adalah soal Jaminan Kesehatan Nasional. (JKN) dan soal upah murah.
Terkait JKN, Said pun menyebut Indonesia Case Based Group (INA-CNGs) sebagai biang kerok kesemrawutan tata kelola JKN.
“Sistem INA-CBGs ini minim anggaran, tidak ada political will dari pemerintah untuk menaikan anggaran ini,” jelas Said.
Sebagaimana diketahui, INA-CBGs merupakan model pembayaran yang digunakan BPJS Kesehatan untuk mengganti klaim yang ditagih rumah sakit berdasar rata-rata biaya suatu kelompok diagnosis tertentu.
Ia pun mencontohkan kematian bayi Debora yang jadi ekses minimnya anggaran INA-CBGs. Menurut Said, seharusnya pemerintah meningkatkan anggaran ini dengan memanfaatkan anggaran kesehatan dari APBN yang alokasinya mencapai 5%.
Sedangkan mengenai upah murah, Said menegaskan jika upah di Indonesia masih sangat rendah dibanding negara ASEAN lainnya. Pernyataan Said ini mengutip dari studi yang dilakukan International Labour Organization (ILO) soal tren ketenagakerjaan di Asia Pasific 2014-2015.
“Upah rata-rata per bulan diIndonesia hanya US$ 174, empat kali lipat di bawah Malaysia yang mencapai US$ 506. Dan masih berada di bawah Thailand US$ 206, Filipina US$ 357,” papar Said.
Berdasar data tersebut Said akan mengampanyekan Tolak Upah Murah+50. Maksudnya adalah, ia meminta adanya kenaikan upah minimal US$ 50 atau lebih dari Rp 650 ribu.
Unjuk rasa yang dilakukan di Jakarta sendiri akan mengambil rute Sudirman-Bundaran HI, Monas hingga berakhir di Istana Negara.[akt]

Admin

Please Share 😊


Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Google Plus
Facebook
Twitter
Tumblr
Reddit
Pinterest
Linkedin
Getpocket
Wordpress
close