Ini Usulan Revisi UU Ormas Versi SBY

Ini Usulan Revisi UU Ormas Versi SBY

Jiromedia.com -Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyampaikan pokok-pokok usulan partainya untuk dilakukannya revisi Undang-undang Ormas Tahun 2017 yang baru disetujui oleh DPR.

"Pertama mengenai sanksi dari negara kepada ormas yang terbukti bertentangan dengan Pancasila, termasuk dicantumkan siapa yang menafsirkan bahwa ormas A, ormas B itu betul-betul bertentangan dengan Pancasila sebagai dasar negara," kata SBY, Senin (30/10/2017).

Selain itu, SBY mengatakan partainya mengingatkan kepada pemerintah tidak boleh menetapkan suatu ormas yang bertentangan dengan Pancasila secara subjektif, sepihak apalagi politis.

"Dan bukan merujuk kepada hukum atau legal," ujar mantan Presiden RI ini.

Kedua, kata SBY, pasal yang menyangkut tingkat ancaman hukuman bagi Ormas yang ditetapkan bertentangan dengan Pancasila. Siapa yang patut dikenakan hukuman tersebut.

"Ketika Ormas melanggar hukumannya A, B, C, D. Siapa yang patut dikenakan hukuman tersebut. Setelah membaca, Partai Demokrat berpendapat sanksi atau hukuman itu tidak boleh sangat melampaui batas karena menjadi tidak adil," jelasnya.


Menurut dia, pemerintah harus adil menetapkan siapa yang patut dijatuhi hukuman tersebut. Sebab, jangan sampai ada rumusan Undang-undang Ormas karena kelalaian kesalahan pengurusnya dianggap melanggar dan Ormas itu dibubarkan termasuk semua anggotanya.

"Semua kena hukuman. Nah kalau ancamannya seumur hidup, bayangkan dia tidak tahu-menahu Ormas dimana dia menjadi anggota. Tiba-tiba mereka masuk penjara seumur hidup, jika demikian menjadi sangat tidak adil," katanya.

Ketiga, lanjut SBY, pasal tentang pembubaran Ormas bahwa partainya berpendapat jika negara memiliki alasan yang kuat, hal kegentingan memaksa. Maka, pemerintah bisa membekukan suatu Ormas.

"Tetapi, kalau untuk membubarkan secara permanen. Tetaplah diperlukan proses hukum yang akuntabel," katanya.

Maka dari itu, SBY mengatakan jika waktu proses pembubaran suatu Ormas dianggap terlalu lama, maka bisa disederhanakan. Akan tetapi, tidak boleh menghapuskan akuntabilitas.

"Tiga usulan utama itu kami telah menyiapkan naskah akademik untuk Partai Demokrat akan menyampaikan kepada pemerintah dan DPR," tandasnya. [ic]

Admin

Please Share 😊


Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Google Plus
Facebook
Twitter
Tumblr
Reddit
Pinterest
Linkedin
Getpocket
Wordpress
close