Gunung Agung Berstatus Awas, Prosentasi Turis yang ‘Cancel’ Capai 20 Persen

Gunung Agung Berstatus Awas, Prosentasi Turis yang ‘Cancel’ Capai 20 Persen

Jiromedia.com -Status awas Gunung Agung membuat sejumlah turis mancanegara membatalkan kunjungannya ke Bali. Hal itu diakui oleh Kepala divisi III Media, Bali Tourism Board (BTB), Dewa Gede Ngurah Byomantara‎. Hanya saja, Byomantara belum mendapatkan angka pasti prosentase dari pembatalan tersebut.

“Ticket cancellation tetap ada, tapi kami belum bisa memberikan data akurat. Tapi itu baru diprediksi antara 15-20 persen room night. Kalau kita lihat rata-rata kunjungan wisatawan 3 hari, maka itu harus dibagi tiga dan hasilnya antara 5-7 persen cancellationnya itu,” papar dia di Denpasar, Selasa (10/10).
‎”Dan, wisatawan airline yang datang dan pergi itu sangat kecil sekali. Kalau tidak salah hanya 4 persen. Jadi hanya bisa memprediksi berapa besar sih cancellation ini,‎” tambah dia.
Menurut dia, dengan area berbahaya sejauh 12 kilometer, masih banyak destinasi wisata di Bali yang aman. Bahkan, di Karangasem sendiri terdapat beberapa spot wisata yang tak terdampak bencana Gunung Agung. Sebut saja misalnya ‎Candidasa.

”Oleh karena itu, kami dari Pemerintah Indonesia mencoba untuk memberikan informasi sebanyak mungkin bahwa daerah di luar 12 kilometer itu cukup aman,” tegasnya.
Selama ini, kantong-kantong pariwisata di Bali 40 persen berada di Kuta. Sementara sekitar 21-30 persen berada di Seminyak, Nusa Dua dan Sanur.
“‎Ini masih besar sekali kantong-kantong wisata itu, di mana jarak dengan Gunung Agung ini masih sangat jauh. Ini yang perlu kita sosialisasikan. Jangan sampai image seandainya erupsi terjadi, maka seluruh Bali jadi bencana,” tuturnya.
Mengenai dampak kerugian yang ditimbulkan, ia mengaku belum menghitungnya. “‎Kerugian belum kami hitung tapi BI sudah mulai menghitung mudah-mudahan kami segera mendapatkan data akurat,” tutup dia.‎
[akt]

Admin

Please Share 😊


Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Google Plus
Facebook
Twitter
Tumblr
Reddit
Pinterest
Linkedin
Getpocket
Wordpress
close