Bantah Klaim Jokowi Peningkatan Volume Pengiriman Barang hingga 130%, JNE Sebut Cuma 30%

Bantah Klaim Jokowi Peningkatan Volume Pengiriman Barang hingga 130%, JNE Sebut Cuma 30%

Jiromedia.com -Presiden Joko Widodo kerap defensif ketika berbicara mengenai penurunan daya beli masyarakat. Dalam beberapa kesempatan, ia menyatakan jika sepinya ritel dikarenakan adanya perpindahan arus ke belanja online.

Bahkan, pria asal Solo tersebut sempat menyatakan jika hal ini ditandai dengan adanya peningkatan volume pengiriman barang hingga 130% pada perusahaan penyedia jasa logistik.

Namun, klaim tersebut telah dibantah oleh salah satu perusahaan penyedia logistik, JNE. Presiden Direktur JNE Mohammad Feriadi mengakui bahwa beberapa gerai JNE memang mengalami peningkatan jika dibandingkan tingkat penjualan ritel yang cenderung turun.

Namun, ia menegaskan bahwa peningkatan volume pengiriman barang tidak seperti yang disebutkan Jokowi.

“Kami mengalami peningkatan tapi tidak sebesar yang disebutkan Beliau. Saya ceritakan, peningkatan kami sebesar 30% dalam beberapa tahun terakhir,” kata Feriadi di Kantor JNE, Jakarta, Senin (16/10).

Secara keseluruhan, Feriadi mencatat bahwa pengiriman bulan September 2017 hanya meningkat sekitar 25% dari bulan sebelumnya.

Berdasar catatannya, porsi pengiriman barang dagangan dari e-commerce terhadap pendapatan JNE hanya mencapai 35% saja. Sedangkan sisanya berasal dari ritel konvensional (35%) dan pengiriman barang milik korporasi (30).

“E-commerce ini pertumbuhannya sangat dahsyat walaupun baru 1% dari porsi penjualan retail secara keseluruhan,” ujar Feriadi.

Sebelumnya, Jokowi sempat menyebutkan adanya peningkatan dari penerimaan pajak jasa perusahaan dalam bidang sewa gedung pada tahun ini hingga 14,7%.

“Banyak toko yang tutup, tapi sewa gedung meningkat,” ucapnya dalam penutupan Rakornas Kadin di Jakarta, 3 Oktober 2017 lalu.

Selain itu, pengiriman oleh jasa kurir meningkat sebesar 130% pada bulan September. Angka ini, kata Jokowi, didapat dari pengiriman PT Pos Indonesia dan jasa pengiriman swasta seperti JNE dan Tiki. [akt]

Admin

Please Share 😊


Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Google Plus
Facebook
Twitter
Tumblr
Reddit
Pinterest
Linkedin
Getpocket
Wordpress
close