Viral Sosok di Balik Penghentian Tayang Film G30S/PKI

Viral Sosok di Balik Penghentian Tayang Film G30S/PKI

Jiromedia.com - Dihentikan sejak 1998, film Pengkhianatan G30S/PKI rencananya akan diputar dalam acara nonton bareng (nobar) yang dicanangkan oleh TNI.
Edaran nobar dibuat TNI AD kepada seluruh jajarannya. Perintah digelarnya nobar itu tertuang lewat sebuah surat. Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo pun membenarkan bahwa ada rencana untuk menggelar acara nobar tersebut dan telah melaporkannya kepada Menteri Dalam Negeri Tjhajo Kumolo.
Sejalan dengan rencana tersebut, netizen dikejutkan dengan sebuah kabar tentang sosok dibalik penghentian pemutaran film tersebut. Netizen mengunggah sebuah artikel Historia tentang cerita di balik menghentikan penayangan film Pengkhianatan G 30 S/PKI.
Dalam artikel itu dipaparkan permintaan penghentian tersebut justru berasal dari kalangan TNI sendiri, yakni TNI AU. Dua mantan KSAU, Laksamana Madya Udara TNI (Purn.) Sri Mulyono Herlambang dan Marsekal TNI (Purn.) Saleh Basarah disebut tokoh yang mengusulkan penghentian itu.
Alasannya waktu itu adalah film tersebut terlalu memojokkan TNI AU yang dituding terlibat Gerakan 30 September 1965. Menteri/Panglima Angkatan Udara Laksamana Madya Udara TNI (Purn.) Omar Dhani dipenjara selama 29 tahun karena dituduh terlibat G30S.
Peluang untuk meluruskan sejarah AURI tersebut dikatakan baru bisa dilakukan setelah jatuhnya Soeharto. Netizen kemudian menkonfirmasi kabar tersebut dengan memention akun Twitter resmi TNI Angkatan Udara.
Pertanyaan netizen itu akhirnya terjawab. Akun @_TNIAU mengatakan bahwa sudah mengetahui informasi tersebut.
Ia juga menyampaikan bahwa pak Omar Dhani adalah pahlawan bagi TNI AU. Kicauan akun Twitter TNI AU itupun mendapat tanggapan dari netizen lainnya.
Banyak yang mengisahkan kesengsaraan keluarga AURI atas stigma negatif tersebut.
@kaumbumibulat Sebagai anak AURI saya tau persis seperti apa AURI difitnah oleh mereka yang iri dan dengki melihat kedekatan AURI dengan bung Karno.
@KembarBalam Kan Dari Dulu2 Dimana-mana Yg Diijinkan Untuk Bercerita (menulis sejarah) Biasanya Adalah Sang Juara (yg memenangkan perang") Toh? [ts]

Admin

Please Share 😊


Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Google Plus
Facebook
Twitter
Tumblr
Reddit
Pinterest
Linkedin
Getpocket
Wordpress
close