Kompak, PDIP dan KPK Yakin Kenaikan Dana Parpol Bisa Cegah Korupsi

Kompak, PDIP dan KPK Yakin Kenaikan Dana Parpol Bisa Cegah Korupsi

Direktur Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Pahala Nainggolan yakin kenaikan dana partai politik menjadi satu di antara instrumen penguat integritas kader partai politik. Nantinya dengan kenaikan dana partai, para kader diharapkan bisa menjauh dari tindak pidana korupsi.
“Antara lain (bisa mengurangi perilaku korupsi). Jadi kita tadi sebutkan ke PDI-P usulan kita aslinya dari Rp 1.000 (per suara) sampai Rp 10.000,” kata Pahala ditemui usai membahas program Politik Cerdas Berintegritas di DPP PDIP, Jakarta Pusat, Kamis (31/8/2017).
Menurut dia, dengan kenaikan dana bagi partai menciptakan sistem kompetisi perpolitikan menjadi sehat. Bahkan, ada usulan dari PDIP untuk memberikan insentif kepada partai yang mampu menjaga integritas.
“Bagus usulan PDIP, boleh juga kita ciptakan kompetisi antar partai, mana partai yang capai sistem integritas lebih dulu, harus ada semacam insentif. Jadi kita pikir itu langkah kecil sekali menaikkan,” tutur dia.
Sebagai catatan, pemerintah menaikkan dana bantuan untuk partai politik dari Rp 108 per suara menjadi Rp 1.000 per suara. Pertimbangkan pemerintah dalam memutuskan kenaikan ini satu di antaranya datang dari KPK.
Sementara itu, Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto percaya kenaikan dana partai bisa mencegah perilaku korupsi. Namun hal itu harus diiringi dengan intergritas para keder partai untuk tahan godaan korupsi.
“Dengan kenaikan bantuan partai, tanggung jawab kami lebih besar,” ujar dia.
Selain berdasarkan perolehan suara, Hasto mengusulkan kenaikan dana dilihat berdasarkan kinerja partai. Terutama dari sisi penilaian, partai yang bisa membimbing kader menjaga integritas.
“Misalnya, partai yang punya sekolah partai, beda dengan yang cari jalan pintas, hanya cari yang populer,” ungkap Hasto.[kml]

Admin

Please Share 😊


Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Google Plus
Facebook
Twitter
Tumblr
Reddit
Pinterest
Linkedin
Getpocket
Wordpress
close