Seperti dikutip dari Tribun Video, terungkapnya kejanggalan versi netizen ini berawal dari unggahan foto akun Twitter @imanlagi.
Pada foto tersebut tampak foto Setya Novanto dengan wajah lemah terbaring di ranjang rumah sakit.
Ada selang dan masker yang menutupi hidungnya, diduga selang oksigen.
Ada juga selang infus yang terpasang di lengannya.
Ada juga penunjuk data rekam detak jantung di kiri atas.
Ketua DPR Setya Novanto meninggalkan Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) seusai diperiksa di Jakarta, Jumat (14/7/2017). Setya Novanto diperiksa sebagai saksi untuk kasus dugaan korupsi dalam pengadaan Kartu Tanda Penduduk berbasis elektronik ( e-KTP). (KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG)
Sementara sang istri, Deisti Astriani Tagor setia menemani dengan senyum yang menghiasi wajahnya.
Netizen pun kritisi foto tersebut, beberapa menuding Setya Novanto dan istri sedang main drama, ada juga yang bilang sedang main astronot-astronotan.
Tribun Video mengumpulkan ada 7 kejanggalan versi netizen pada foto tersebut.
1. Monitor yang menunjukkan garis lurus
Monitor data biasanya menunjukkan grafik denyut tapi kali ini hanya lurus.
garis lurus menimbulkan tanya warganet.
Dapat dilihat di layar monitor kiri atas.
2. Angka menunjukkan 90
Indikator angka di monitor yang menunjukkan angka 90.
Jika angka tersebut untuk menunjukkan kecepatan denyut nadi, maka berarti denyut nadi Setnov masih dalam batas normal.
3. Ekspresi janggal istri Setnov
Ekspresi istri Setnov yang tampak tersenyum dinilai janggal.
Bukannya sedih suaminya sakit sangat parah ia malah tersenyum.
4. Alat bantu pernafasan
Alat bantu pernafasan yang hanya menutup hidung dan tidak sampai mulut dianggap janggal.
5. Selang oksigen
Netizen bingung dengan keberadaan selang oksigen sementara tabung oksigennya tak tampak.
6. Posisi ranjang
Mata Setnov terpejam sementara posisi ranjang incline.
Netizen menilai hal ini janggal sedang tidur kok posisi ranjang malah agak tegak.
7. Syringe pump
Syringe pump dianggap pula janggal karena tak ada obatnya.
Berikut komentar-komentar lengkap netizen terkait kejanggalan foto tersebut.
*)Akun Twitter Water lily @ardaneswari
"Itu yang di hidung apaan si fungsinya mulutnya gak ketutup wkwkw nasal canule versi canggih ya?"
"Soal flat line memang fungsi monitor ada beberapa dan bisa digunakan secara terpisah.
90 itu nadinya berarti jelas dalam batas normal."
"Kalo emang pasien dengan diagnosis jantung mah minimal terpasang monitor jantung wkwkw la ini kaga drama mungkin terapi vertigonya."
*) Akun Dee @deean_viddry
"Elektrokardiograf-nya flat line. Koit apa gimana ni orang?"
*) Retja Pentung @RetjaPentung
"Photo ini murni acting. Posisi Setnov mata terpejam sepertinya tidur, tetapi posisi bed-nya incline. Tidak umum tidur posisi seperti itu."
*) WONG #NDESO @irwan_pjm
"Istrinya lagi senyum bahagia... lihat suaminya main astronot-astronotan."
Ketua Dewan Pakar Agung Laksono, Wakil Ketua Dewan Kehormatan Akbar Tandjung, Ketua Dewan Pembina Aburizal Bakrie, serta Ketua Umum Setya Novanto pada pembukaan Rapimnas Partai Golkar di Balikpapan, Kalimantan Timur, Senin (21/5/2017). (KOMPAS.com/Nabilla Tashandra)
*)Nezzar Erraldin @nezzarerraldin
"Iki opoooo ngapain ada CPAP, monitor flat, syringe pump gak ada obatnya, ibunya senyum-senyum sendiri."
Selain kejanggalan ada juga sindiran yang menohok.
*) ADBlues @Anggorodb
"Itu peralatan terbaru dari dunia kedokteran yang belum dipublikasikan, ente-ente aja pada sirik orang kaya sakitnya ginilah, loe-loe yang miskin mana bisa kaya gue."
*) Aulia Suci Maurinda @all_aulia
"Itu selang nyambungnya ke elpiji 3 kilo apa 12 kilo?