Di Depan DPR, Mulyani Ngotot Daya Beli tak Merosot

Di Depan DPR, Mulyani Ngotot Daya Beli tak Merosot

Daya beli masyarakat yang diduga melemah, menarik perhatian parlemen. Masalah ini sempat ditanyakan langsung kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Dalam rapat kerja dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (7/9/2017), sejumlah anggota Komisi XI DPR merasa tak yakin dengan klaim pemerintah yang menyatakan konsumsi atau daya beli masyarakat, baik-baik saja.

Mendapat tentangan ini, Sri Mulyani menegaskan bahwa daya beli tidak mengalami kemerosotan."Kalau bapak ibu semua melihat (sembari menujuk layar presentasi), untuk desil 0 atau yang paling rendah atau sampai yang ke 4, pertumbuhan tahun ini konsumsinya lebih tinggi dari pertumbuhan konsumsi tahun lalu, yaitu antara 4% bahkan ada yang 8% kalau kita lihat yang desilnya," kata Sri Mulyani.


Sementara pertumbuhan konsumsi untuk kelas menengah, desil ke-4 hingga ke-9, masih tetap tinggi yaitu di kisaran 8%. Namun, dibandingkan dengan tahun lalu yang lebih tinggi dari 8%, terlihat menjadi lebih rendah. Karena, tahun lalu growth-nya sampai 10%.

"Ini menggambarkan ada persepsi seolah-olah ada konsumsi melambat, daya beli menurun. padahal kalau kita lihat growth dari konsumsi per kelompok rumah tangga itu masih tumbuh, dan tumbuhnya masih cukup tinggi," kata Sri Mulyani.

Namun untuk kelompok menengah kata Sri Mulyani mungkin terkena kenaikan harga lsitrik yang 900 VA, sehingga agak mengurangi konsumsi masyarakat.

"Itu dia mengalami perlemahan namun tidak dikatakan dia negatif. Growth-nya masih ada di level sekitar 6-8%. Jadi ini adalah yang menggambarkan yang ditanyakan tadi," katanya. [id]

Admin

Please Share 😊


Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Google Plus
Facebook
Twitter
Tumblr
Reddit
Pinterest
Linkedin
Getpocket
Wordpress
close