Kabar Gunung Merapi Meletus Terbantahkan

Kabar Gunung Merapi Meletus Terbantahkan

Kabar tentang Gunung Merapi meletus pada Sabtu dini hari dibantah. Berita yang mencatut nama Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara itu sama sekali tidak benar dan situasi sekarang baik-baik saja.
Victorianus Gandoz Sat Pranyoto, pewarta senior LKBN Antara Yogyakarta, mengonfirmasi tautan berita tentang Merapi meletus memang dari Antara, tetapi berita itu adalah peristiwa tahun 2010. "(peristiwa) itu berita tahun 2010," katanya pada Sabtu, 26 Agustus 2017.
Lagi pula, kata Gandoz, lembaga yang berwenang tentang kegunungapian adalah Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian dengan kepalanya Dr Subandriyo, bukan LKBN Antara.
Karena itu, kata Gandoz, berita tersebut bohong untuk sekarang. Ia mengaku terkejut dengan berita yang menyebar melalui media sosial dan grup aplikasi percakapan Whatsapp. Soalnya situasi baik-baik saja sejauh ini.
Heri Timbul, warga Cangkringan di Kabupaten Sleman, wilayah Gunung Merapi di sisi selatan, membantah keras kabar itu. "Kami aman-aman saja dan tidak ada hujan abu. Aktivitas warga berjalan normal. Tidak ada pengungsian," ujarnya.
BPPTK dalam berita pagi menyebutkan aktivitas Gunung Merapi normal. Terjadi angin kencang sejak Jumat malam hingga Sabtu pagi. Akibatnya banyak debu beterbangan karena tertiup angin.
Warga Daerah Istimewa Yogyakarta dihebohkan dengan kabar Gunung Merapi meletus dan mengeluarkan awan panas mulai pukul 00.16 WIB sampai pukul 00.37 WIB, Sabtu, 26 Agustus 2017. Warga lereng Merapi, disebutkan dalam berita hoaks itu, mengungsi dan terjadi hujan abu. Selain itu terdengar suara letusan hingga 21 kali.[vv]

Admin

Please Share 😊


Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Google Plus
Facebook
Twitter
Tumblr
Reddit
Pinterest
Linkedin
Getpocket
Wordpress
close