Anak-Anak Harus Cukup Tidur Agar Tidak Menderita Diabetes

Anak-Anak Harus Cukup Tidur Agar Tidak Menderita Diabetes

Anak-anak yang tidak mendapatkan cukup tidur berisiko memiliki penyakit diabetes dibandingkan anak yang mendapatkan tidur cukup. Itu disebabkan ketika tidur di malam hari, anak-anak mampu menurunkan kualitas gula di dalam darah. Anak-anak yang kurang tidur cenderung akan mengalami kegemukan sehingga berisiko menderita diabetes tipe 2.
“Temuan ini menyarankan agar anak-anak cukup tidur. Itu bisa menjadi pednekatan yang efektif untuk mengurangi kegemukan dan risiko diabetes tipe 2,” ungkap peneliti senior Christopher Oween dari Universitas London dilansir Channel News Asia pada Rabu (16/8).
Diabetes tipe 2 biasanya memang terjadi pada orang dewasa, jarang anak-anak mengalaminya. Tapi, kini banyak anak-anak mengalami banyak permasalahan kesehatan. Apalagi, jutaan anka-anak di seluruh dunia mengalami obesitas karena jarang berolahraga dan mengonsumsi makanan manis.
Kajian itu setelah peneliti menguji data kebiasaan tidur dari 4.525 anak-anak di Inggris yang berusia – atau 10 tahun. Rata-rata anak-anak tidur selama 10,5 jam pada malam hari. Anak-anak yang kurang tidur berisiko mengalami diabetes karena mengalami resisten terhadap insulan karena tubuh tidak merespons dengan normal hormon tersebut. Itu sesuai rekomendasi  American Academy of Pediatrics menyarankan anak-anak berusia 6-12 tidur sebaiknya tidur 9-12 jam.
Hal itu dikuat oleh Stacey Simon, pakar tidur anak dari Universitas Colorado. Dia mengungkapkan kurang tidur pada anak-anak bisa berdampak pada kesulitan memproses gula dalam darah. “Ketika anak tidur terlalu malam atau tidak teratur, maka mereka cenderung makan tidak teratur dan jarang berolahraga,” ujarnya.
Menurut James Gangwisch, peneliti psikologis dari Universitas Columbia di New York, kekurangan tidur bisa memicu peningkatan hormon yang membuat orang semakin lapar. “Cukup tidur bisa menjaga keseimbangan hormon insulin,” ujarnya.[ha]

Admin

Please Share 😊


Sign out
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai
How to style text in Disqus comments Top Disqus Commentators
  • To write a bold letter please use <strong></strong> or <b></b>.
  • To write a italic letter please use <em></em> or <i></i>.
  • To write a underline letter please use <u></u>.
  • To write a strikethrought letter please use <strike></strike>.
  • To write HTML code, please use <code></code> or <pre></pre> or <pre><code></code></pre>.
    And use parse tool below to easy get the style.
Show Parse Tool Hide Parse Tool

How to get ID DISQUS - http://disq.us/p/[ID DISQUS]

strong em u strike
pre code pre code spoiler
embed

0 Comment

Add Comment

Show Parse Tool Hide Parse Tool


Google Plus
Facebook
Twitter
Tumblr
Reddit
Pinterest
Linkedin
Getpocket
Wordpress
close